(Orchidaceae) Habenaria tosariensis J.J.Sm. 1905

Epithet “tosariensis” mengacu pada lokasi pertama ditemukannya anggrek ini, yaitu di daerah Tosari (Kecamatan Tosari), Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Habenaria tosariensis ini menjadi salah satu anggrek endemik di Pulau Jawa karena hanya ditemukan di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Silahkan share informasi terkini bila dijumpai new record di daerah lainnya.

Ciri-ciri: Merupakan anggrek terestrik, memiliki tuber yang tertanam di bawah tanah. Batang lurus ke atas dengan tinggi yang bervariasi (30-75 cm), menyokong 4-6 daun. Daun berbentuk oval hingga lanset, tepi rata, ujung runcing, tersusun mengitari batang dengan pola pelipatan konvolutif. Pembungaan tandan, akrant, menyokong hingga 50 kuntum bunga yang berwarna hijau kekuningan. Sepalum dorsal dan petala lateral membentuk tudung (ukurannya lebih sempit dibandingkan dengan H. multipartita), sepala lateral tegak telurus tudung, berbentuk oblong dengan tepi rata dan ujung runcing. Labellum menyerupai H. multipartita, hanya saja pada bagian lobus samping yang lebih naik dan menyerupai sisir. Percabangan pada lobus samping H. multipartita juga lebih banyak dibandingkan dengan H. tosariensis. Perbedaan lainnya adalah ukuran dari H. tosariensis yang lebih besar dan dijumpai pada daerah dengan elevasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan H. multipartita.

Habenaria tosariensis (Copyright: J.B. Comber)
Habenaria tosariensis (Copyright: J.B. Comber)
Habenaria multipartita (Copyright: J.B. Comber)
Habenaria multipartita (Copyright: J.B. Comber)

Persebaran: Dijumpai di Jawa Timur dan Jawa Tengah pada ketinggian 2000-3000 mdpl dengan pencahayaan 50-100%. H. tosariensis termasuk dalam salah satu anggrek yang masih mudah dijumpai di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi dan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru (berdasarkan data inventarisasi dan artikel terkait). Info terbaru dari Ekspedisi NKRI 2015 adalah dijumpai spesies mirip H. tosariensis di daerah Alor, namun belum bisa dikonfirmasi. Foto dibawah merupakan spesimen yang dijumpai di Jawa Timur dan merupakan dokumentasi pribadi, sedangkan foto diatas merupakan dokumentasi dari J.B. Comber dan diundur dari SOF.

Sinonim: Kryptostoma tosariense (J.J.Sm.) Szlach. & Olszewski 1998; Orchirorchis tosariensis (J.J.Sm.) Szlach. 2004.

Status: The Plant List menggolongkan status anggrek ini dalam kategori “High Confidence” yang berarti bahwa status anggrek ini telah direview secara ilmiah di WCSP (World Checklist of Selected Plant Families). Belum diketahui status konservasinya dalam CITES dan IUCN.

inflorescence
inflorescence

Perdagangan: Belum diketahui informasi perdagangan yang legal.

Sources:
Ekspedisi NKRI 2015
Orchidspecies
Encyclopedia of Life
Arctos Database
KSN Merapi
Potensi dan Pesona Ranu Kumbolo

Close up
Close up
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s