(Orchidaceae) Microtis unifolia (G.Forst.) Rchb.f. 1871

Microtis unifolia merupakan spesies dari Microtis yang memiliki satu daun (unifolia=berdaun tunggal). Microtis sendiri merupakan gabungan dari kata micros dan ortis yang masing-masing berarti “kecil” dan “telinga”. “Telinga kecil” ini mengacu pada bentuk bunga (sepala lateral) yang berbentuk seperti telinga. Nama lokalnya adalah the common onion orchid atau anggrek bawang yang biasa-biasa saja (baca: umumnya). Bentuk anggrek ini sangat jauh dari persepsi masyarakat umum yang mengidentikkan anggrek sebagai tumbuhan yang indah dengan bunga yang besar-besar.

Ciri-ciri: Anggrek terestrik dengan umbi yang tertanam di dalam tanah. Batang pendek, tebal, dan menyokong 1 daun beserta tangkai pembungaan. Daun berbentuk tubular (terrete) dengan panjang hingga 50cm, berwarna hijau hingga hijau pucat. Pembungaan Tandan, akrant, tangkai bunga pendek, dengan jumlah kuntum 5-40. Bunga kecil, berwarna hijau pucat, sepalum dorsal dan petala lateral membentuk tudung yang menutupi separuh bagian gynostemium, sepala dorsal berbentuk lanset, melengkung berbentuk bundaran menyerupai telinga. Labellum merupakan satu-satunya bagian yang menarik menurut saya. Bagin tepi labellum bergelombang, terdapat kalus di bagian tengahnya, sedangkan di bagian ujungnya berbelah dua. Apabila diperhatikan secara sepintas, bunga anggrek ini seperti bentuk boneka, yang sering diperlihatkan oleh marga Ophrys maupun Orchis.

Persebaran: Tersebar luas di Asia dan Australia pada ketinggian hingga 3000 mdpl. Dalam tinjauan habitat, anggrek ini dijumpai pada hutan pantai, semak, padang rumput, hingga dataran tinggi (umumnya pada tanah yang bercampur pasir). Data dari New Zealand menyatakan bahwa periode berbunga anggrek ini pada bulan September – Desember, sedangkan pada foto di bawah ini, anggrek tersebut berbunga pada bulan Mei di Jawa Timur.

Sinonim: Ada banyak sinonim untuk anggrek ini, namun hanya akan ditampilkan beberapa saja, seperti Epipactis porrifolia Sw. 1800; Microtis javanica Rchb.f.; Microtis porrifolia (Sw.) R.Br. 1810.

Status: The Plant List menggolongkan status anggrek ini dalam kategori “High Confidence” yang berarti bahwa status anggrek ini telah direview secara ilmiah di WCSP (World Checklist of Selected Plant Families). Melihat tingginya persebaran dan luasnya toleransi habitat, anggrek ini jauh dari ancaman kepunahan.

Perdagangan: Belum ada data perdangan secara legal, mungkin karena anggrek ini belum memiliki nilai jual.

Sources:
The Plant List
Native Orchids of New Zealand
Australian Native Plant Society
Orchidspecies

close up
close up
habitus
habitus
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s