[BNI] Duit Nyangkut di ATM Non-tunai Nih! Mau Nabung Malah Bikin Bingung

Hell yeah! Pasti ada yang pernah mengalami hal yang sama dengan saya, yaitu “berniat baik untuk menabung sesegera mungkin sebelum uangnya habis entah buat apa”, namun karena bank telah tutup, maka menabungnya menggunakan ATM non-tunai atau ATM setoran atau Cash Deposite Machine (CDM). Nah, saat menabung dan mesin mulai menghitung uang, tiba-tiba mesin error dan kartu keluar sebelum transaksi selesai. Di-cek di mesin lain, tabungan belum masuk. Apa yang harus dilakukan?

Saya pernah dua kali mengalami hal ini, dengan bank yang sama, yaitu BNI. Untungnya saya memperoleh dua pelayanan yang berbeda, yaitu via face-to-face dan telepon. Secara langsung (face-to-face) saya mendatangi bank dan bertemu dengan staff yang menangani masalah komplain. Syaratnya adalah bawa KTP dan buku tabungan. Kemudian akan didata dan diberikan penjelasan mengenai mekanisme dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk memperoleh uang tersebut. Saya memperoleh uang tersebut setelah 4 minggu dari pelaporan, tanpa ada SMS ataupun email pemberitahuan.

Selanjutnya adalah via telepon. Saya langsung menelepon CALL CENTER BNI dengan nomor 1500046 dan mengikuti alur hingga validasi. Laporan sudah diterima dan masuk sebagai laporan prioritas dan dijanjikan akan selesai kurang dari 14 hari kerja. Pada 7 hari pertama saya menanyakan kenapa uang saya belum masuk ke rekening. Jawabannya sedang dalam proses. Pada 7 hari kedua saya menelepon namun mengalami kesulitan karena setelah menekan 1500046 ditanyakan nomor kartu e-banking. Saya tidak memakai e-banking, sehingga tidak bisa berkomunikasi dengan CS BNI. Akhirnya saya mendapat informasi kalau ada jalan pintas untuk sampai ke CS, yaitu menekan 2 2 (angka 2 ditekan 2 x) setelah menelepon 1500046.

Saya dapat berbicara dengan CS langsung menanyakan tentang uang tersebut. CS tersebut mengatakan kalau uangnya sudah terdata namun belum dimasukkan ke rekening. Disini saya sudah merasa lega karena uang tersebut telah aman. Uang saya masuk ke rekening pada 7 hari kemudian. Komplain saya pada tanggal 6 Juni selesai pada tanggal 27 Juni, dan ada SMS konfirmasi bahwa uang tersebut telah masuk ke rekening. Meskipun  pelayanannya tidak sesuai janji “PRIORITAS”, tapi saya sangat mengapresiasi CS yang menjawab pertanyaan saya dan menjelaskan sudah sejauh mana progress pengembalian uang tersebut.

KESIMPULANNYA:

  1. Jangan panik, langsung telepon ke call center dan jelaskan kondisinya, termasuk jumlah uang yang disetorkan.
  2. Jangan lupa nomer kartu (ada di kartu) dan nomer rekening.
  3. Pantau perkembangan setiap 7 hari kerja.
Leave a Reply

