[Mendaki part 1] Mau Mendaki? Siapkan Barang-barang ini!

Mendaki gunung sudah menjadi tren di Indonesia. Kegiatan yang awalnya identik dengan pecinta alam, semakin lama semakin banyak peminatnya. Puncaknya pada tahun 2015 yang ditandai dengan banjirnya toko-toko outdoor yang menjual berbagai barang-barang pendakian.merbabu.jpg

Pendakian bukanlah berpindah tidur dari kamar ke tenda, tetapi lebih bersifat manajerial. Manajerial yang saya maksud adalah ketika mendaki gunung, kita harus menyiapkan barang-barang, memilih barang yang akan dibawa, mengukur kekuatan dan waktu tempuh, serta membaca medan/jalur dan cuaca. Maka, tidak jarang orang akan melihat watak asli dari temannya ketika pendakian.

Oke, pada kesempatan ini saya akan menulis beberapa barang yang harus dibawa.

1. Makanan

387970-513x340.jpg

Makanan yang harus dibawa ketika pendakian harus dipertimbangkan dengan beberapa pertimbangan, terutama durasi perjalanan. Pendakian yang memakan waktu 3 hari tentunya memerlukan energi yang lebih besar, sehingga makanan yang dibawa bersifat ringkas dan berenergi tinggi. Contohnya adalah beras, tempe, bumbu sachet, telurmie instant (secukupnya), sayur (kacang panjang, buncis, dan lainnya yang tidak mudah busuk), dan roti.

Untuk pendakian satu hari (yang bisa ditempuh pulang-pergi), makanan yang dibawa umumnya tidak banyak dan berupa snack saja. Ingat, semakin banyak membawa makanan, semakin berat tas dan membuat pendakian semakin lama.

Pada Intinya, Makanan yang harus dibawa harus mencakup sumber karbohidrat, protein, lemak dan mineral. Sayuran tidak hanya kaya akan mineral, tetapi juga vitamin dan enzim yang membuat metabolisme semakin optimal.

 

2. Minuman

071217_gingerteacover.jpg

Minuman yang saya sarankan adalah air putih dan beebrapa sachet minuman favorit seperti susu, nutri****, jahe, dan sebangsanya. Untuk perjalanan, tidak ada masalah untuk meminum air mentah, selama metabolisme tubuh tetap tinggi.

 

3. Alat Masak

8346-100210162902667776292.jpg

Nasting, kompor, sendok, garpu, dan gelas merupakan peralatan wajib tempur ketika melakukan flying camp atau pendakian yang berhari-hari. Piring? silahkan dibawa sendiri atau langsung menggunakan nasting saja. Kompor dapat dipilih sesuai kapasitas tas, misalnya kompor gas apabila tidak kesulitan membawa gas, atau kompor parafin apabila ingin memasak menggunakan kayu (hemat space tas). Banyak yang masih menggunakan kompor parafin karena berpikiran harus banyak membawa gas. Tetapi pengalaman saya, penggunaan gas (kompor gas) lebih efisien karena dapat memasak dengan cepat dan hemat. Untuk pendakian 9 orang, satu gas dapat digunakan untuk memasak selama 3x. Setiap memasak, kita membuat satu set masakan, misalnya nasi, sayur, mie, air panas.

 

4. Snack

https://i1.wp.com/static.oprah.com/images/200105/omag/200105-omag-chocolate-bar-600x411.jpg

Snack berenergi tinggi tentunya jatuh kepada cokelat dan sebangsanya. Makanan ringan seperti itu memang dibutuhkan, namun jangan lupa alternatif lainnya, seperti pisang. Kalau bosan dengan pisang “original”, rebuslah pisang tersebut untuk memperoleh rasa yang berbeda. Oh iya, jangan lupa menambahkan snack kesukaan, seperti keripik kentang, pilus, atau lainnya. Tapi harus diingat, jangan terlalu banyak membawa makanan tersebut. Makanan yang asin mengikat air lebih banyak, sehingga kalian menjadi cepat haus.

 

5. P3K

First Aid Kit.jpg

Pendakian tidak selalu mulus, kadang diperjalanan ada yang terluka. Atau, ketika di tenda, ada yang mendadak sakit kepala , maag, maupun kram. Jangan lupakan sekotak P3K dalam tas carrier kalian. Setidaknya isilah kotak tersebut dengan alkohol 70% (saya sarankan revanol atau alkohol khusus luka), kapas, kasa steril, obat merah, plester, obat maag (utamakan yang berbentuk pil), obat sakit kepala, obat flu, krim pereda pegal, dan anti-nyamuk lotion.

 

6. Survival Kit

GB000701.jpg

Sama seperti P3K, survival kit juga barang yang harus kalian persiapkan. Survival kit berfungsi untuk berjaga-jaga ketika tersesat atau memperbaiki barang yang rusak. Intinya yan untuk bertahan hidup. Di dalamnya terdapat pisau lipat (optional), gunting (optional), benang dan jarum, peniti, senter/headlamp (harus dibawa), dan korek api.

 

Karena barang-barang tersebut sangat penting, maka saya melabeli semuanya dengan label “LOGISTIK” (meskipun terasa tidak pas untuk poin 5 dan 6). Dengan memasukkan LOGISTIK ini dalam carrier 60L, tas kalian akan terisi 1/4-nya.

Selamat mendaki..

 

NB: foto tanpa copyright saya ambil melalui situs pencarian.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s