[TEKNO] CPU vs GPU vs APU

CPU (Central Processing Unit) atau yang dikenal sebagai prosesor merupakan bagian vital dari sebuah laptop. Tidak jarang kita mendengar orang-orang menanyakan “prosesornya apa? core i berapa? tipe AMD apa?” Tetapi, apakah laptop hanya bicara tentang CPU saja?CPU diibaratkan sebuah otak, tetapi hanya otak kiri saja. Oh iya, artikel ini saya tulis berdasarkan informasi dari AMD ya. lanjut. CPU dikatakan sebagai otak kiri karena mengakomodasi sistem numerik dan logika, sehingga cocok untuk kegiatan office. Lalu, siapa yang bertindak sebagai otak kanan?

Penyeimbang otak kiri adalah GPU (Graphics Processing Unit) yang bertindak sebagai otak kanan. GPU yang familiar kita kenal adalah AMD RADEON, NVIDIA dan INTEL HD GRAPHICS. Berkutat dalam hal grafis, GPU mengolah gambar, video, dan gaming dengan lebih baik. Muncul pertanyaan lagi, bagaimana menyeimbangkan (dan menyingkronkan) otak kiri dan otak kanan atau CPU dan GPU tersebut?

CPU dan GPU (oleh AMD) disandingkan ke dalam sebuah chip kecil yang disebut sebagai APU (Accelerated Processing Unit). APU akan mengombinasikan kinerja CPU dan GPU menjadi lebih efisien. Efisiensi ini berimbas pada penggunaan daya yang lebih hemat, performa lebih kencang, serta visualisasi lebih jernih.

https://i2.wp.com/cdn.wccftech.com/wp-content/uploads/2013/07/AMD-Carizo-APU.png

So, ketika memilih laptop, sudah saatnya untuk memperhatikan pentingnya CPU, GPU dan APU.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s