[TRIP] Hiking yang terasa Touring

Siapa yang tak kenal Gunung Prau? Salah satu destinasi wisata alam yang ada di kompleks Dieng ini sudah menjadi primadona para pendaki pemula. Dengan ketinggian 2565 mdpl dan durasi tempuh sekitar 2 jam, gunung ini sangat cocok untuk dipilih sebagai short time vacancy.

Acara mendaki ini diinisiasi oleh Fajrun. Total peserta yang ikut ada 6 orang, yaitu saya, Fajrun, Ilam, Awir, Tian dan Rin. Kami berangkat dari jogja pukul 15.00 WIB dan tiba di basecamp Tapak Banteng (Desa Tapak Banteng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo) pada pukul 21.00 WIB. Perjalanan Jogja-Wonosobo sebenarnya 4-5 jam, hanya saja kami berhenti lama di pom dan di tempat makan.

Pukul 22.00 WIB, kami memulai pendakian. Dengan kondisi fit, tidak sampai 15 menit kami sudah mencapai pos 1. Jalan sepanjang pos 1 merupakan jalan berbatu yang sudah ditata oleh warga, sehingga sangat mudah untuk dilalui.

Dari pos 1 menuju pos 2 kami tempuh sekitar 20 menit. Sejak di pos 1, Ilam tampak pucat kena masuk angin. Ini adalah hal yang wajar, sebab pendakian di malam hari membuat kita berkeringat namun lingkungan disekitar sangat dingin. Dari base camp saja air raksa di termometer bertengger di angka 14 derajat Celcius, apalagi di atas.

Rute di menuju pos 2 merupakan rute kebun warga dan didominasi oleh warung-warung semi-permanen. Dari pos 2 menuju ke pos 3, medan mulai menantang. Trek yang menanjak ini memiliki tekstur tanah lempung yang licin. Kami menghabiskan 30 menit di medan ini.

Kondisi medan yang sama masih kami jumpai dari pos 3 menuju pos 4. Sepanjang perjalanan yang tanpa “bonus” ini membuat kami merasa sangat capek. Jarak yang tidak terlalu jauh ini kami tempuh sekitar 30 menit karena terlalu banyak istirahat, hehehe.

Sampai di pos 4, gemericik hujan mulai mengambil alih suasana. Sekitar pukul 23.30 WIB kami langsung mendirikan tenda. Tenda berkapasitas 4 orang dan tenda berkapasitas 2 orang menjadi hunian mewah kami kala itu. Tenda siap, sepatu ditangguhkan, isi keril dikeluarkan, dan saatnya kami melakukan pengisian ulang energi.

Makan! Ya, dengan kondisi hujan dan setelah menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam, kami harus mengisi perut. Cadangan energi sangat dibutuhkan untuk menghasilkan panas, karena suhu disini yang sangat dingin akan memacu metabolisme yang lebih intens. Semua berkumpul di tenda kapasitas 4 orang, kami mulai memasak minuman, mie, dan menyantap snack.

Usai mengisi perut, kami tidur. Kala itu jam tangan yang berkabut menunjukkan pukul 02.00 WIB.

Bangun jam 5, saya mengintip melalui celah-celah tenda. Masih gerimis dan berkabut. Saya tidur lagi. Setengah jam kemudian, kondisi masih sama. Setengah jam kedua, kondisi tidak berubah. Hingga jam 7 pagi, kondisi masih stagnan. Pukul 07.30 WIB, gerimis sudah reda, kabut mulai turun, sunrise telah lewat, matahari masih sembunyi diantara awan. Kami memutuskan masak mie.

Setelah makan, mulailah sesi foto-foto sekitar 2 jam. Mungkin lebih.

Sebelum merapikan tenda, saya menyempatkan untuk mengunjungi puncak tertinggi Gunung Prau, sekitar 2590 mdpl. Ya, puncak tertinggi memang bukan di 2565 mdpl, tetapi ketinggian tersebut merupakan view terbaik untuk menyaksikan sunrise. Hikmahnya, puncak gak selalu menawan.

Capek berfoto, kami langsung melipat tenda, mengumpulkan sampah, serta menyiapkan minuman untuk perjalanan turun gunung. Perjalanan kami tempuh sekitar 1 jam. Tidak terasa capek memang, karena turun dengan  jalan terjal terasa lebih cepat.

Sampai di basecamp, kami mandi dan bersiap melanjutkan perjalanan menuju jogja. Mendaki PP kami tempuh sekitar 3 jam, sedangkan Jogja-Wonosobo PP kami tempuh 10 jam. Lebih berasa touring nih daripada mendaki!

INFORMASI NAIK DARI BASECAMP TAPAK BANTENG

• Persewaan alat mendaki: ADA
  • Kamar mandi: ADA
  • Tempat sholat: ADA
  • Warung: ADA, sampai pos 2
  • Retribusi: Rp. 18.000 tiap orang + motor
  • Jalur: Menanjak tanpa bonus
  • Durasi: NAIK 2 jam, TURUN 1 jam (tambahkan 1 jam untuk pemula)