[GEAR REVIEW] Sepatu Gunung BOOGIE MAUNG

Saya akan mencoba memberikan ulasan atau review tentang salah satu perlengkapan trekking yang paling penting, yaitu sepatu. Sepatu yang saya ulas adalah sepatu gunung lokal yang diproduksi oleh BOOGIE. Diberi label MAUNG, sepatu ini sudah menemani saya sekitar 3 tahun, yang sebelumnya menemani paman saya selama bertahun-tahun (baca: sepatu hibah).

Kesan pertama melihat sepatu BOOGIE MAUNG ini adalah “standar“. Ya, saya harus jujur kalau penampilan sepatu ini sangat biasa, tidak ada kesan “wah” yang coba ditampilkan oleh produsennya. Bahkan, detail-detail pemanis sepatu outdoor masakini pun tidak ada, seperti nama seri yang dilabel aluminium atau tulisan waterproof atau lainnya.

Tetapi, setelah kaki saya masuk, rasanya sangat nyaman sekali. Bagian tepi sangat lembut, kaki diposisikan sangat nyaman. Bagian sol luar (outer sole) terbuat dari material yang bagus, sangat lentur namun tidak mudah aus. Medan berbatu dilibas dengan baik, tanpa lecet yang berarti. Namun sayang, untuk medan tanah, daya cengkramnya sama dengan sepatu gunung lain (masih dibawah vibram-nya Eiger).

Bagian inner sole (sol bagian dalam) terkesan sangat “ngirit“. Bahan yang digunakan sangat -maaf- murahan. Saya menyarankan untuk mengganti inner sole dengan inner sole baru yang kalian sukai.

Untuk bahan utama sepatu, pilihan menggunakan bahan kulit sangat saya sukai. sepatu kulit bisa dibilang sepatu dengan bahan yang mampu merekam memori, maksud saya bisa digunakan dalam waktu yang lama. Perawatannya pun tidak susah, sama seperti sepatu kulit lainnnya. Ketahanan sepatu ini termasuk sangat kuat. Sepatu ini saya gunakan untuk kuliah, travelling, hingga melakukan pendakian. Pendakiannya masih cetek sih, baru sampai Lawu, Arjuno, Merbabu, Andong, Prau dan Sumbing. Setidaknya, gunung tersebut mewakili medan dan cuaca yang berbeda.

Sepatu ini saya ajak menjelahi tangga di Gunung Lawu dan bebatuan di Gunung Arjuno. Saat kemarau panjang, kering kotor debu menjadi santapannya di Gunung Merabu. Mencoba tik-tok di Gunung Andong, tidak ada masalah (medannya juga tidak berat). Untuk menerjang badai, Gunung Sumbing dan Prau sudah ditandai juga oleh sepatu ini.

Well, sebelum saya memberikan ringkasannya, saya harus sampaikan bahwa sepatu ini sudah banyak di review, salah satunya disini.

 

IMG20170222232017.jpg  IMG20170222232031.jpg

IMG20170222232103.jpg  IMG20170222232117.jpg

 

RINGKASAN

Nama Produk: Sepatu gunung BOOGIE seri MAUNG

Bahan: Kulit

Karakter: Lentur

Waterproof: Ya, intensitas rendah – sedang

Inner sole: Bahan standar, buruk

Outer sole: Karet lentur, sangat bagus

Pijakan/cenkraman: Standar

Pemakaian: Sehari-hari, travelling, touring, pendakian

Ketahanan (1-10): 8

 

Harga: Rp. 500 ribu – Rp. 1,1 juta

 

Leave a Reply

