[COMIC-BASED REVIEW] Batman Origins

Siapa yang tak kenal Batman? Saking cerdasnya, namanya diabadikan untuk sebuah taktik jitu, “JEBAKAN BATMAN!”, hahahaa

Batman adalah superhero yang paling populer di komik DC. Superman memang terkenal, tetapi Batman lebih dari itu. Supervillains yang muncul dalam setiap seri-nya pun banyak yang dikenang oleh orang-orang.

 

Batman adalah sosok seorang Bruce Wayne yang muncul dari kemarahan dan dendam atas kematian orang tuanya. Pada tahun 1915, Bruce bersama ayah (Thomas Wayne) dan ibunya (Martha Wayne) hendak pulang ke rumah seusai menonton teater. Di tengah perjalanan, kedua orangtuanya dibunuh oleh seorang penjahat, Joe Chill.

Bruce yang baru berumur delapan tahun mengalami shock berat. Merupakan anak satu-satunya dari orang yang kaya, Bruce ditolong oleh dokter keluarganya, Dr. Leslie Thompkins, dan pengurus rumahnya, Alfred Pennyworth, agar tidak dimasukkan ke yayasan yatim piatu. Bruce yang memendam amarah dan dendam terhadap pembunuh orangtuanya, bersumpah untuk menumpas segala kejahatan yang ada di Gotham City.

 

Asal-usul BATMAN

Pada umur 14 tahun, Bruce telah menguasai segala jenis bela diri, teknik forensik, kriminologi, serta menggunakan berbagai senjata. Ketika turun ke jalanan untuk pertama kalinya menumpas kejahatan, Bruce babak belur. Ia menyadari ada sesuatu yang kurang, jati diri. Dengan segala visi, ia mengharapkan mampu menumpas segala teror yang ada dengan tuntas dan membuat jera penjahatnya. Sebuah aura gelap yang mengintimidasi.

Saat merenungi hal tersebut, seekor kelelawar lewat di depannya. Saat itulah ia menentukan untuk mengikuti naluri kelelawar dan menjadi BATMAN.

 

Konflik dengan Kepolisian Gotham City

Pada awal kemunculannya, Batman bertindak sangat anarkis. Seperti hal-nya Green Arrow, Batman menumpas berbagai kejahatan dengan kekerasan, bahkan membunuh. Cara ini tidak disukai oleh Kepolisian Gotham, terutama oleh kapten James Gordon. Gordon kemudian mulai mengincar Batman.

Namun, satu hal yang tidak bisa dipungkiri adalah kinerja Batman yang sangat bagus. Batman selalu memperoleh biang keladi dari sebuah terror. Hingga akhirnya walikota dan kepolisian memutuskan untuk memasang lampu berlogo Batman ke angkasa, yang dikenal sebagai bat-signal.

 

Basecamp

Batman bersembunyi di dalam Wayne Manor yang diurus oleh Alfred Pennyworth. Wayne Manor merupakan sebuah mansion, rumah mewah yang sangat besar. Dalam perkembangannya, Bruce membangun sebuah ruangan di bawah tanah untuk menyimpan segala sesuatu yang berkaitan dengan Batman, termasuk mobilnya. Ruangan tersebut diberi nama bat-cave.

Di seri LEGO, Batman mendapat saran dari Flash untuk membangun terowongan menuju Metropolis City, daerah dari Superman. Terowongan ini adalah penyelamat ketika bumi diserang oleh Brainiac, supervillains dalam Justice League.

 

Apprentices: Robin dan Batgirl

Robin adalah murid dari Batman. Setidaknya sudah ada 4 robin yang dikenalkan oleh DC.

Robin pertama adalah anak yang mewarisi bakat atletik dari ayahnya, Dick Grayson. Dick Grayson adalah Robin yang memiliki kemampuan bela diri dan kelenturan tubuh yang tuar biasa. Senjata utamanya adalah sebuah tongkat, sehingga dikenal juga sebagai stick fighter. Grayson tidak selamanya menjadi robin. Ia memilih menjalani kehidupan superhero-nya sendiri, menjadi sebuah karakter baru, NIGHTWING.

   

Kepergian Grayson digantikan oleh Jason Todd, robin kedua. Jason yang mengetahui kedua orangtuanya meninggal mendadak terkejut dengan kabar bahwa ibunya masih hidup di suatu tempat di Afrika. Jason tanpa pikir panjang langsung menuju Afrika. Saat itulah Jason dan ibunya diculik oleh JOKER. Joker meledakkan rumah yang berisi Jason dan ibunya. Jason melindungi ibunya dari api. Ibunya yang masih hidup kemudian memberitahu Batman bahwa Jason tewas karena melindunginya. Namun, twisting plot terjadi disini. Jason ternyata masih hidup dan menaruh dendam pada Batman karena tidak melindunginya, bahkan mencarinya. Dendam yang membuncah membuat Jason menjadi jahat dan ingin balas dendam. Ia adalah sosok dibalik RED HOOD.

Kehilangan Jason membuat Batman berhati-hati untuk memilih robin. Robin ketiga yang dipilihnya adalah Tim Drake. Tim adalah anak muda yang memiliki kecerdasan dalam mengusut sebuah situasi. Tim mengambil baju RED ROBIN sebagai identitasnya dan bergabung dengan Teen Titans.

Robin keempat adalah anaknya sendiri, Damian Wayne. Damian lahir dari pernikahan Bruce Wayne dengan Talia al Ghul. Talia adalah anak dari pemimpin Assassins League, Ra’s al Ghul. Damian mewarisi karakter ayah dan ibunya, yaitu mahir dalam bela diri, cerdas, serta memiliki ego yang tinggi.

Batgirl adalah gadis yang sangat mengidolakan Batman. Batgirl dilatih oleh Batman dan muncul ketika membantu Batman dan Robin mengalahkan Poison Ivy. Sosok di balik Batgirl adalah anak dari Captain James Gordon, Barbara Gordon. Batgirl sangat ahli menggunakan senjata, termasuk mengendari motor dan mobil Batman.

 

Villains

Batman memiliki seri yang sangat beragam, sehingga karakter antagonis yang muncul-pun sangat banyak. Beberapa musuh yang banyak dikenal adalah:

JOKER: Joker adalah seorang psikopat yang tidak bisa hidup tanpa Batman. Ia tidak memiliki referensi kejahatan selain menyibukkan dan membuat kesal Batman. Saat dimasukkan ke Arkham Asylum, Joker didampingi oleh Dr. Harleen Frances Quinzel. Joker yang memiliki kemampuan persuasif mampu membuat Dr. Harleen bertekuk lutut dan berbalik mengaguminya. Dr. Harleen kemudian masuk ke dalam kontainer cairan kimia yang sama seperti Joker (Joker pernah jatuh kedalam kontainer tersebut yang diyakini membentuk jatidirinya). Merasa seperti terlahir kembali, Dr. Harleen yang rambut di sisi kiri berwarna biru dan sisi kanan berwarna merah, menjadi pasangan dari Joker. Dr. Harleen mengubah namanya menjadi HARLEY QUINN.

PENGUIN: Penjahat berbadan bongsor, pendek dan memiliki hidung seperti paruh pinguin ini memiliki kegemaran yang berlebihan dengan uang. Setiap kemunculannya, disertai dengan aksi perampokan. Nama aslinya adalah Oswald Chesterfield Cobblepot. Senjata utamanya adalah payung yang selalu dibawanya, umbrella trick!

DEATHSTROKE: Slade Wilson memiliki pengalaman militer yang sangat banyak, namun memutuskan untuk menjadi seorang injustice, menjadi Deathstroke. Muncul di seri Green Arrow dan Batman, Deathstroke dipastikan adalah musuh yang sangat kuat. Diketahui pula bahwa Batman dan Deathstroke belajar bela diri di perguruan yang sama. Senjata utamanya adalah pedang dan pistol.

BLACK MASK: Karakter ini awalnya adalah teman masa kecil Bruce, Roman Sionis. Namun, karena konflik keluarga, Roman membunuh kedua orang tuanya dan membakar mansion miliknya. Perusahaan kosmetik yang diwariskannya pun semakin lama semakin bangkrut, hingga diakuisisi oleh Bruce Wayne. Roman membangun sebuah organisasi kejahatan yang disebut False Face Society.

CATWOMAN: Sosok ini tidak selamanya menjadi musuh dari Batman. Malah pada akhirnya tokoh ini banyak dibumbui kisah asmara. Selina Kyle adalah sosok dibalik Catwoman, yang memperoleh kekuatan dari Dewi Mesir.

MR. FREEZE: Dr. Victor Fries mengalami kondisi langka dan mengharuskannya hidup di dalam pakaian berbalut es. Senjata utamanya adalah senapan yang mampu membekukan segalanya. Konflik dengan Batman muncul karena adu domba, maka dari itu di akhir cerita Mr. Freeze menjadi orang yang baik.

POISON IVY: Seorang peneliti botani mengalami kecelakaan kerja dan mengalami mutasi menjadi sebuah monster cantik yang dipenuhi dengan racun, Poison Ivy. Nama aslinya adalah Dr. Pamela Lillian Isley, yang tidak hanya tertarik dengan botani, melainkan juga dengan kepunahan. Poison Ivy pernah juga bekerjasama dengan Harley Quinn untuk menaklukan Batman. Tetapi gagal.

RA’S AL GHUL: Pemimpin Assassins League ini adalah sosok yang paling berpengaruh dalam tindak kejahatan yang muncul di Gotham dan Star City. Wilayah kediaman Ra’s al Ghul ini memiliki kolam keabadian yang mempu menyembuhkan, bahkan membangkitkan orang dari kematian. Tetapi, ada harga yang harus dibayar. Yaitu hilangya jati diri. Batman adalah musuh bebuyutana Ra’s al Ghul, namun malah menikahi anaknya, Talia. Hanya Green Arrow yang pernah ditawarkan untuk menjadi Ra’s al Ghul selanjutnya. Namun ditolak.

BANE: Bane adalah musuh yang mampu berulangkali menaklukkan Batman dalam pertarungan fisik. Meskipun fisiknya tidak sempurna, Bane memperoleh kekuatan dari cairan yang dibawanya. Malah bisa dikatakan bahwa itu adalah cairan kehidupannya.

Selain itu, masih banyak musuh Batman yang bertebaran, bahkan bergabung di SUICIDE SQUAD, seperti KILLER CROC, DEADSHOT, CAPTAIN BOOMERANG, TWO FACES, dan sebagainya. Ada juga musuh bersama yang muncul di Justice League, seperti LEX LUTHOR dan BRAINIAC.

 

Okay, segitu dulu. Mudah-mudahan bisa membantu dan tidak merusak kencan saat menonton di bioskop.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s