[COMIC-BASED REVIEW] GREEN ARROW series version

Pada awalnya, dengan melihat sepintas, saya membayangkan bahwa Arrow (yang kemudian lebih dikenal dengan Green Arrow) adalah superhero yang membosankan. Dengan bermodalkan panah, ia bertindak layaknya Robin Hood, hanya saja ia lebih banyak membunuh. Tetapi, setelah menonton sekuelnya di series ARROW, saya malah ketagihan dan mengikutinya hingga sekarang. Tokoh ini ternyata tidak membosankan, tetapi malah menegangkan. Ploting-nya hampir sama seperti Batman, melibatkan banyak superhero lain, bahkan supervillain DC, Ra’s al Ghul.

ASAL – USUL GREEN ARROW

Asal mula dari Green Arrow memiliki banyak variasi, sedangkan yang saya ulas adalah dari drama seriesnya.

Di Starling City, terdapat sebuah perusahaan yang besar dibawah naungan keluarga Queen. Perusahaan ini seperti Wayne Industries di Gotham. Keluarga Queen memiliki dua orang anak, Oliver Queen (lelaki playboy) dan Thea Queen (perempuan penggila pesta). Suatu ketika, Oliver dan ayahnya akan berlibur menggunakan kapal pesiar pribadi. Oliver yang saat itu menjalin hubungan dengan Laurel Lance malah berselingkuh dan mengajak adik dari Laurel, Sara. Perselingkuhan tersebut ternyata membawa petaka. Badai menerjang kapal tersebut hingga tenggelam. Yang tersisa hanya Oliver dan ayahnya, mengapung di atas sekoci, Sara dan kru lainnya menghilang.

Keterbatasan makanan membuat ayahnya menembakkan pistol ke kepalanya sendiri, agar makanannya cukup untuk Oliver. Dalam keputusannya, ayahnya berwasiat untuk mencari nama-nama orang yang tertera di buku saku kecil. Buku inilah yang menjadi target Oliver ketika kembali ke Starling City.

Oliver yang mengapung lambat laun terdampar di sebuah pulau terpencil, tepatnya di bagian Utara China, bernama Lian Yu. Di pulau ini, ia diselamatkan oleh seorang pemburu yang sekaligus mengajarinya cara memanah. Pemburu itu adalah tentara yang sedang dalam misi, serta menjadi buronan. Pemburu tersebut kemudian tertangkap dan mati. Oliver lalu diselamatkan oleh Shado, perempuan yang juga ahli memanah.

Shado mengajari Oliver beberapa teknik memanah. Tidak hanya Shado, disana juga ada seorang tentara yang sangat kuat, Slade Wilson. Shado yang menjalin hubungan asmara dengan Oliver membuat Slade cemburu. Perseteruan memuncak ketika Shado mati. Slade menyalahkan Oliver, kemudian memburu untuk membunuhnya. Oliver berhasil lolos, Slade kemudian memberontak di beberapa kota dan dikenal dengan julukan DEATHSTROKE. Slade juga menjadi musuh bebuyutan dari teman seperguruannya, Bruce Wayne, alias BATMAN.

Oliver Queen – Shado – Slade Wilson

Oliver yang menghilang selama 5 tahun ternyata tidak hanya di Lian Yu, melainkan juga di Rusia. Ketika akan meloloskan diri dari Lian Yu, Oliver tertangkap oleh gerombolan penjahat -plot dimana ia bertemu dengan Sara- dan diperdagangkan sebagai budak. Pernah menjalankan misi pengintaian, Oliver tertangkap dan menjadi agen di Rusia. Lika-like perjalanan Oliver ini membuatnya memiliki banyak teman, termasuk geng brutal di Rusia.

Selepas dari pelarian, Oliver berhasil sampai di Starling City. Dengan jati diri yang baru, ia menjadi orang yang bijak dan mampu memberantas kejahatan di malam hari. Caranya yang brutal membuatnya menjadi target polisi Starling City, terutama Kapten Quentin Lance, ayah Laurel dan Sara.

 

BASECAMP

Sama seperti Batman, Team Arrow memiliki basecamp khusus di bawah gedung tua milik keluarga Queen, disebut ARROWCAVE.

Arrow cave

 

TEAM ARROW

Dalam menjalankan misinya, Oliver tidak bertindak sendirian. Ia dibantu oleh veteran militer, John Diggle, serta perempuan yang ahli teknologi, Felicity Smoak. Tiga orang ini adalah tim utama.

Roy Harper Arsenal – Felicity Smoak/Overwatch – Oliver Queen/Green Arrow – Laurel Lance/Black Canary – John Diggle/Spartan

John Diggle dikenal dengan nama SPARTAN. Sebagai veteran militer, ia memiliki banyak pengalaman perang, baik yang mengerikan maupun yang membahagiakan. Ia bertemu dengan kekasihnya, Lyla, ketika dalam satu misi saat perang. Lyla kemudian bekerja di A.R.G.U.S. dibawah komando Amanda Waller. Ingat Amanda Waller? Ia adalah orang yang bertanggung jawab pada SUICIDE SQUAD.

Saat dalam perang, adik Diggle (Andy Diggle) dibunuh oleh Floyd Lawton a.k.a. DEADSHOT. Namun hal menyesakkan harus dialami Diggle, karena ia telah ditipu oleh adiknya sendiri.

Felicity Smoak awalnya adalah karyawan di perusahan Queen. Felicity yang dikenal dengan kode OVERWATCH mampu mengendalikan satelit, bahkan melakukan hacking di komputer manapun. Sebelum menjalin asmara dengan Oliver, ia menjalin asmara lebih dulu dengan Ray Palmer. Ray Palmer adalah orang yang membeli perusahaan Queen ketika Queen mengalami kebangkrutan. Ray berdiri diatas perusahaan Palmer Tech, serta mengganti nama Starling City menjadi Star City.

Ray senang mengotak-atik teknologi, hingga pada akhirnya ia membuat kostum yang mampu menyusutkan diri. Setelah kostumnya berhasil, ia muncul sebagai karakter superhero dengan nama ATOM. Ya, Ray Palmer adalah tokoh dibalik Atom. Dan Ray juga harus patah hati karena Felicity memilih Oliver saat dalam misi penyelamatan di Nanda Parbat, markas Assassins League.

Team Arrow kemudian berkembang. Di dalamnya masuk seorang lelaki remaja yang menjadi anak didik Oliver, ia adalah Roy Harper. Roy Harper dikenal sebagai  ARSENAL , memiliki kostum sama seperti Oliver hanya saja berwarna merah. Roy muncul ke publik sebagai Arrow, menggantikan posisi Oliver untuk ditahan di penjara. Saat itulah Arrow hilang dari Star City. Roy juga menjalin hubungan asmara dengan adik Oliver, Thea Queen.

Berselang beberapa saat setelah Roy bergabung, salah seorang wanita di Assassins League bergabung dan membantu Oliver, ia adalah Sara Lance. Sara dikenal sebagai BLACK CANARY dan menjalin hubungan dengan anak dari pemimpin Assassins League. Sara tewas ketika dibunuh oleh Malcolm Merlyn, orang yang berambisi menggantikan Ra’s al Ghul sebagai pemimpin Assassins League.

Kematian Sara meninggalkan luka di keluarga Lance. Laurel Lance kemudian mengambil inisiatif untuk menggantikan Sara sebagai BLACK CANARY. Laurel memiliki perlengkapan yang lebih mumpuni, karena alat pemancar gelombang suara didesain sendiri oleh Cisco. Cisco adalah IT expert dari Team Flash. Dengan alat ini, Laurel mampu mengeluarkan jurus andalannya, Canary Cry.

Tidak hanya Laurel, Thea Queen juga ikut membantu Team Arrow. Ia mengenakan kostum mirip dengan Roy, namun memiliki kode nama berbeda, yaitu SPEEDY. Speedy tidak banyak beraksi, karena emosinya tidak stabil setelah dipulihkan di Nanda Parbat.

kasih Thea Queen dulu biar gak bosen

Team Arrow di session yang baru mendapat 4 tambahan anggota, yaitu Curtis Holt, Rory Regan, Rene Ramirez, dan Evelyn Sharp.

Wild Dog – Mister Terrific – Green Arrow – Spartan – Artemis – Ragman

Curtis Holt adalah sosok dibalik MISTER TERRIFIC yang lebih banyak membantu di bidang teknologi dengan Felicity. Satu-satunya yang memiliki kekuatan khusus adalah Rory Regan yang mampu membalut tubuhnya dengan kain yang tahan oleh peluru. Ia dijuluki RAGMANRene Ramirez memakai topeng hoki untuk menutupi identitasnya, dikenal dengan kode WILD DOG. Salah satu penghianat dan Team Arrow adalah Evelyn Sharp, seorang pemanah wanita yang gesit dan dikenal sebagai ARTEMIS. Ia berada di pihat Prometheus.

 

 

KONEKSI DENGAN SUPERHERO LAIN

FLASH: Oliver dan Felicity cenderung sering bertemu dengan Barry Allen, The Flash. Selain itu, Team Arrow juga sering berkomunikasi dengan Team Flash, terutama Cisco, untuk melakukan upgrade peralatan tim.

The Flash (Barry Allen)

ATOM: Karakter ini muncul di kehidupan Green Arrow, yaitu Star City. Ray Palmer yang mengembangkan pakaian penyusut yang dilengkapi dengan peralatan super ini dibantu oleh Felicity. Atom juga berperan dalam meloloskan Oliver dari Nanda Parbat.

Ray Palmer – ATOM

HAWKMAN dan HAWKGIRL: Carter Hall adalah Hawkman, sedangkan Kendra Saunders adalah Hawkgirl. Kedua pasangan ini merupakan reinkarnasi dari pasangan di Mesir, yang mengalami kutukan di setiap reinkarnasinya. Mereka akan selalu terpisahkan dan selalu diburu oleh Vandal Savage. Ketika bertemu dengan Team Arrow dan Team Flash, Hawkman dan Hawkgirl berhasil mengatasi Vandal Savage untuk pertama kalinya.

Hawkman dan Hawkgirl

VIXEN dan JOHN CONSTANTINE: Kedua karakter ini adalah detektif supranatural. John meminta Oliver untuk memanggil Vixen karena ada hal yang tidak bisa ia lakukan. Vixen hanya muncul sebentar, namun memberikan pengaruh yang besar pada Team Arrow, karena Vixen bekerja di dunia magis, hal yang tidak bisa dihadapi oleh Team Arrow.

Vixen

SUPERGIRL: Kara Danvers sang Supergirl hanya muncul sebentar di Star City. Pengenalan untuk hubungan Supergirl dengan Team Arrow.

 

VILLAINS

DARK ARCHER: Sosok dibalik Dark Archer adalah Malcolm Merlyn. Malcolm adalah ayah dari Tommy, sahabat Oliver. Selain itu, adik Oliver (Thea Queen) ternyata adalah anak biologis dari Malcolm. Ibu Oliver pernah berselingkuh dengan Malcolm.

Konflik dengan Malcolm adalah konflik yang paling lama dan penuh taktik. Malcolm sangat berambisi untuk menjadi Ra’s al Ghul selanjutnya, tetapi Ra’s ternyata memilih Oliver sebagai pewarisnya. Oliver kemudian membuat kesepakatan dengan Malcolm. Oliver dan temannya bebas dari Nanda Parbat, sedangkan Malcolm menjadi Ra’s al Ghul selanjutnya.

Malcolm sangat licik. beberapa kali ia muncul dan memperkeruh suasana dengan Team Arrow.

Dark Archer

KATANA: Oliver bertemu Katana hanya sebentar, karena ada urusan dengan tempat yang dijaga oleh Katana. Pertarungan pun tidak berlangsung lama, karena Oliver ditolong oleh kekasih Sara, Nyssa al Ghul. Katana juga menjadi salah satu wanita populer di Suicide Squad.

Black Canary – Darak Archer – Overwatch – Katana – Spartan

RA’S AL GHUL: Oliver pernah bertarung dengan Ra’s dan kalah telak. Menurut mitos, siapa pun yang selamat setelah kalah dari Ra’s akan menjadi Ra’s selanjutnya. Orang yang selamat itu adalah Oliver.

Kekalahan Oliver membuatnya terjatuh dari tebing. Di dasar tebing, ia diselamatkan oleh teman lamanya sesama intelijen dahulu. Berita Oliver yang masih hidup membuat Ra’s tertarik dengannya. Setelah beberapa kali konflik, Ra’s mengungkapkan bahwa ia ingin Oliver menjadi penerusnya. Meski membuat Nyssa iri, tetapi ia tetap menerima keputusannya tersebut. Nyssa hanya tidak mau Malcolm yang menjadi Ra’s karena Malcolm pernah menghianati Assassins League.

PROMETHEUS: Orang jenius dibalik karakter ini adalah Adrian Chase, karakter yang saya sukai. Adrian mengetahui segala sesuatu tentang Green Arrow, termasuk list yang diwariskan oleh ayahnya Oliver. Adrian juga mempelajari teknik, perlengkapan dan gaya memanah Oliver, serta memasukkan seorang penghianat di dalam Team Arrow.

Prometheus

DAMIEN DARHK: Salah satu musuh besar dari Oliver yang membuatnya mengingat kembali tentang artefak lama yang mampu membangkitkan kekuatan supranatural. Ternyata Darhk bukan orang yang berada di puncak. Darhk hanya kepanjangan tangan dari sebuah organisasi yang akan menjadi musuh besar Team Arrow, bahkan Justice League.

Damien Darhk

VERTIGO: Ia adalah tokoh yang mengedarkan obat-obatan terlarang. Salah satu korbannya adalah Thea. Vertigo pernah ditangkap sekali, kemudian setelah bebas ia merencanakan untuk membalas dendam kepada Oliver

CAPTAIN BOOMERANG: Digger Harknes adalah orang yang gila uang dan mahir dalam menggunakan bumerang dalam setiap aksinya, sehingga disebut sebagai Captain Boomerang. Ia ditangkap dan dimasukkan ke dalam ARGUS, kemudian ditempatkan dalam Suicide Squad.

CUPID:  Sosok dibalik pemanah wanita yang membunuh orang yang sedang kasmaran ini adalah Carrie Cutter. Ia sering muncul dalam series ini, tetapi hanya sebagai pelengkap. Terkadang sebagai kambing hitam. Ia sering keluar-masuk penjara, dan mengharapkan hubungan asmara yang lebih dengan Floyd Lawton.

 

Cupid

 

Berakhir sudah untuk saat ini, hahaha

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s